Makassar, AlIslamyaabunayya.Or.Id — MIN 2 Kota Makassar melalui program pengawas Madrasah berdampak laksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2025 mendorong peningkatan mutu pendidikan di lingkungan madrasah Kegiatan pendampingan digelar di gedung pendidikan MIN 2 Kota Makassar, Kamis, 20/11/2025
Sebelumnya keputusan Dirjen Pendidikan Islam No. 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah serta Surat Tugas Pengawas Madrasah No. 1620 Tahun 2025 mengenai pembentukan Tim PKKM Kemenag Kota Makassar
Turut hadir dalam PKKM Dr H Nurdin S Pd MM M.Si -Ketua Tim, Drs M Jufri –Anggota, dan Drs Muhlis M Si –Anggota, Pendampingan difokuskan pada empat aspek utama yaitu Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Dr H Nurdin S Pd MM M.Si – Ketua Tim PKKM dalam sambutan pembukaan menegaskan bahwa peningkatan mutu madrasah merupakan hasil kerja kolaboratif seluruh unsur
“ Peningkatan mutu madrasah tidak dapat dicapai tanpa kerja sama yang kuat antara pengawas, kepala madrasah, guru, dan komite. Melalui pola pendampingan yang lebih kolaboratif, kami memastikan setiap rekomendasi dapat diimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan. MIN 2 Kota Makassar menunjukkan komitmen tinggi, dan hasil PKKM tahun ini membuktikan efektivitas kolaborasi tersebut,” ujar Nurdin
Pihaknya juga mengatakan bahwa “ Praktik baik yang telah diterapkan di MIN 2 Kota Makassar dapat menjadi model pembinaan dan pendampingan bagi madrasah lainnya di Kota Makassar sebagai program berkelanjutan, Program Pengawas akan terus diperkuat dengan fokus pada peningkatan kompetensi guru, transformasi manajemen madrasah, serta penguatan budaya kerja yang kolaboratif, profesional, dan berorientasi mutu Hal ini dibuktikan melalui hasil PKKM MIN 2 Kota Makassar yang mengalami peningkatan signifikan
Sementara itu, Nelvy M Pd I -Kepala MIN 2 Kota Makassar menyampaikan apresiasi atas pendampingan yang diberikan Tim Pengawas Madrasah
“Pendampingan dari Tim Pengawas Madrasah tidak hanya memberi arahan, tetapi membantu kami memahami akar permasalahan secara lebih mendalam. Guru-guru semakin solid, program berjalan lebih terarah, dan komite turut mengapresiasi kerja keras tim dalam memajukan mutu pendidikan. Peningkatan hasil PKKM ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus berinovasi demi kemajuan madrasah,” ujar Nelvy
Pihaknya juga mengatakan bahwa “ Seluruh dewan guru turut terlibat aktif dalam proses pendampingan, khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dan beberapa indikator PKKM yang menunjukkan lonjakan capaian antara lain usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, aspek kewirausahaan, serta penguatan supervisi guru dan tenaga kependidikan, termasuk manajemen program kerja madrasah yang lebih terukur dan berorientasi mutu “ Jelas Nelvy







